Kosa Kata Bahasa MEE



Oleh Mikael Tekege


Saya sangat terinspirasi ketika membaca  opini berjudul “ajari aku bahasa ibuku” karya Jhon Gobay yang dimuat di majalah GAI. Saya berpikir bahwa ternyata ada generasi muda saat ini yang ingin melestarikan budaya leluhur, termasuk bahasa yang kini hampir punah akibat pengaruh budaya global. Kiranya masih ada generasi muda MEE saat ini memikirkan hal yang sama.
 


(Mikael saat menulis kosa kata bahasa Mee,Dok Pribadi TS)
Sebelumnya saya menyadari bahwa ungkapan kata dalam bahasa Mee terdapat beberapa perbedaan dalam suku Mee itu sendiri,  atau dialeknya berbeda-beda meskipun maksudnya tetap sama. Oleh karena itu, saya menulis beberapa kosa kata berikut ini sesuai dengan dialek saya sehingga jika ada yang meresa tidak sesuai berarti pantas dan mohon dimaklumi. Setidaknya beberapa kosa kata berikut ini menjadi langkah awal untuk mengetahui lebih jauh dan lebih bagus bila kita diskusi lebih dalam demi kesempurnaan kosa kata tersebut.

Keterangan untuk menunjukkan orang secara umum
Ani =saya
Aki=kamu/anda
Okai=dia
Okei=mereka
Inii=kita
Keterangan untuk menunjukkan saya, dia atau mereka adalah laki-laki.
Aniki=saya (laki-laki)
Okaiki=dia (laki-laki)
Iniike=kita (laki-laki)
Okeike=mereka (laki-laki)
Keterangan untuk menunjukkan saya, dia atau mereka adalah perempuan.
Aniko=saya (perempuan)
Okaiko=dia (perempuan)
Iniiko=kita (perempuan)
Okeiko=mereka (perempuan)
(keterangan: yang membedakan bahwa dia laki-laki atau perempuan adalah “Ki dan Ko)
Keterangan untuk menyatakan kepunyaan saya, dia, kita dan mereka.
Aniya=saya punya
Okaiya= dia punya
Iniiya=kita punya
Ikiiya=kalian punya
Okeiya=mereka punya
Keterangan untuk menunjukkan orang berdasarkan jenis kelamin dan umur.
Yame=laki-laki
Yame yoka=anak laki-laki
Yame yokagaa=pemuda
Yame meibo=bapak atau orang tua laki-laki
Yame adama=kakek/tete
Yagamo=perempuan
Yagamo yoka=anak perempuan
Yagamo yokagaa=pemudi/remaja
Yagamo meibo=mama/ibu
Yagamo adama=nenek
Penyebutan dalam keluarga
Muma=tete
Nabai/ooka=nenek
Naitai=bapak/ayah
Noukai=mama/ibu
Weneka=adik
Wauwa=kakak
Namaa=om
Keterangan untuk menunjukkan banyak orang
Iniido=kita semua
Okeido=mereka semua
Ikiido=kamu semua
Yame yokaido=anak- anak laki-laki
Yameido=pemuda-pemuda/remaja
Meiboudo=bapak-bapak
Adamaido=kakek-kakek/tete.
Yagamo yokaido=anak-anak perempuan
Yagamo yakagaido=pemudi-pemudi
Yagamo meiboudo= mama-mama/ibu-ibu
Yagamo adamaido= nenek-nenek
Keterangan  untuk hari
Ito nagoo=hari ini
Aweta=besok
Wiyaume=lusa
Widoume-tula dst
Daa putuu ena=satu minggu
Agoo ena=satu bulan
Percakapan untuk aktifitas sedang berlangsung
Anii nota naine=saya makan ubi
Anii uwo naine=saya minum air
Anii uno umine=saya tidur
Anii uwo bumaine=saya mandi
Anii dimimanaa topeetaida uwiine=saya pergi ke kampus/sekolah
Anii kapogeiye ebataine=saya membaca buku
Anii topiine=saya belajar

Baca Juga Berita Terkait

8 komentar:

  1. shalut...!

    kata tuk yg sedang berlangsung tu.
    contoh: Anii nota naine= saya makan ubi, dia baru rencana tuk makan ubi kok indonesianya dia sedang makan, hh

    "maaf saya bukan Pakar bahasa mee.."
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koya abata. Ipa nou ani ekina te nai, ani enauto .itu yang masih saya ingat.
      Once I was a teacher in Waghete. One of my students was pater Jack Mote, the late. Many best regards to those who wete students of SD Misi Waghete and people around it. I miss you all.

      Hapus
  2. bagus sekali artikelnya...saya harap penggunaan bahasa ibu harus terus dipertahankan dan diwariskan ke generasi selanjutnya. apakah saya bisa meminta semacam puisi dengan bahasa Mee? bagaimana saya bisa berkontak?saya sangat berterimakasih sekali jika bisa berkontak..koyao ini email saya: pulauburu17@gmail.com

    BalasHapus
  3. Kalo sdh lengkap harap bs di unduh di playstore dll..keren mantap

    BalasHapus