Kado Valentine Day dari Ibu




Pada hari Vallentine Day ku terduduk Dalam kesepian, tiada seorang pun yang terkunjung datang hingga terasa dunia tanpa manusia. Namun, dalam kesepian telepon dari seorang Ibu sebagai kado terindah untukku.  
Internet (Renungan on Vallentine  Day)


Menurut kamus besar bahasa Indonesia karya Budiono, MA. kasih adalah merasa atau perasaan sayang, cinta, suka, dan sebagainya. Sedangkan sayang adalah kasih sayang; cinta amat suka; mengasihi; mencintai; kepada keluarga, orang tua, teman, dan sesama serta kepada seseorang yang kita cintai. Dengan demikian kasih dan sayang hampir sama pengertiannya sehingga kata sayang memperkuat kasih.

Kini telah tibah hari yang telah di nantikan oleh kaum remaja yakni 14 Februari  yang merupakan Vallentine Day (hari kasih sayang).  14 Februari merupakan hari yang terindah bagi remaja hingga memaknai dengan berbagai macam kegiatan, terutama tukar kado dan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Pada  hari itu juga banyak Sork Message Service (SMS) masuk di Handphone (Hp)ku dan  semua SMS yang mereka kirim  bunyinya sama yakni Happy Vallentine Day. Valentine Day merupakan hari kasih sayang seluruh dunia  yang penuh dengan suka cita terutama para remaja untuk membagi rasa kasih sayang antara sesama dan terutama seseorang yang mereka sayangi hingga berkunjung di tempat wisata yang cocok buat mereka sambil menikmati indahnya panorama alam di sekitarnya hingga melepaskan semua beban pikiran dalam benaknya, sungguh terasa dunia menjadi milik mereka.

Tiada hal yang ku lakukan selain menyendiri dalam kamar bersama lagu Basil Greeg dan Lucky Dube  yang menemani ku hingga menjemput datangnya malam. Pada saat itu pula, di telinga ini  terdengar do...........rrrrrrrrr, bunyi Hp, ternyata Noukai (Ibu) dari persadaku negeri dibalik gunung yang selalu memberikan kehangatan kasih sayang kepadaku hingga suasana hati pun berubah. Ada pepata mengatakan “dibalik pria hebat ada wanita hebat”, ternyata dibalik saya ada Noukai yang hebat dalam hidupku. Ku renungkan begitu besarnya kasih sayang yang di berikan kepadaku, noukai maga kau kuat menanggung beban kandungan selama sembilan bulan, Kau sabar membiarkanku berada di sana hingga proses kelahiran. Noukai maga kau saksi betapa sakitnya untuk melahirkanku, batas tipis hidup mati yang kau taruhkan, saat tangis mungilku terdendangkan berderai tangis harumu beriring senyum kebahagiaan noukai maga.

Saat ku bayi kau selimuti kasih sayang dengan perasaan tulus tak terbantahkan dalam konteks apapun. Saat pergi ke kebun dan kemana saja kau menggendong dalam noken tokeipo yang noukai anyam yang  kini menjadi budaya warisan dunia.  Kau saksi pertama aku berceloteh mungil, saksi pertama langkah-langkah kecilku dulu. Caramu indah dalam membesarkanku  hingga dewasa meski harus menempuh liku-liku.

Di saat ku dewasa kasih sayangmu  masih hangat ku rasakan, saat ku bangku putih abu-abu  ku baca buku Bahasa Indonesia  di sana ku  dapat sebuah kalimat yang masih tersimpan dalam memoriku bahwa kasih ibu sepanjang masa, tapi kasih anak sepenggalan jalan, sehingga disaat itu juga ku renungkan dalam kehidupan manusia sungguh benar hingga air mataku menetes di pipi. Ku ingin semoga hal ini tidak terjadi kepada diriku.
Noukai maga Aku ingin kau senantiasa bahagia di hari tuamu, ku tak bisa balas atas semua ini,ku hanya doa yang ku panjatkan kepada Yang Maha Kuasa biarlah Dia yang balas di akhir hayatmu.

Hidup Ini Indah Bila Kita Peduli

Gula mungkin manis tapi persahabatan kita lebih manis, pelangi Cuma punya tuju warna tapi persahabatan kita punya sejuta warna, pacar mungkin setia tapi tetap saja persahabatan yang paling setia, (SMS).

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup sendiri, manamungkin hidup sendiri mau makan perlu beras yang menanam orang lain atau pak tani. Pakaian yang kita pakai, yang menjahit orang lain atau tukan jahait. Bila kita sakit yang mengobati pak dokter, kita tidak mungkin hidup sendirian kita pasti memerlukan orang lain. Sungguh hdiup ini butuh bantuan orang lain untuk menghadapi kehidupan yang penuh dengan cobahan sementara kita hidup di dunia ini.

Dalam perjalanan hidupku, sangat ku rasakan arti sesama bagi diriku. Mereka hadir disaat ku membutuhkan,  memberikan semangat ketika ku sakit dan sedih, membangunkanku ketika fajar menyinsing, mereka selalu mendoakan diriku kepada Sang Pencipta agar aku tetap sehat semangat menghadapi hidup ini, memberikan petunjuk arah dan tujuan hidupku ketika ku tersesat, sungguh mereka sangat berarti bagiku.

Ku tak mampu menghadapi hidup ini tanpa mereka. Ku tak salah mempunyai banyak teman dalam kehidupan ini. Sungguh ku tak menyangkah akan bertemu dengan mereka yang selalu mewarnai hidupku dan yang mengikir kisah yang akan ku kenang dalam perjalanan hidupku, entah itu manis maupun pahit. Manis pahit ku jalani semuanya dan ku terima dengan hati yang tulis, karena disana ku merasakan dan memetik serta mendapatkan suatu hal yang belum perna ku dapati dalam hidup yang ku lalui, seperti yang dikatakan oleh seorang kakak pada saat perbincangan disamping rel kereta sambil menikmati kopi susu bahwa “hal yang baik dan yang buruk ada ilmu yang kita bisa petik”.

Terimakasih Tuhan, engkau telah mempertemukan diriku dengan mereka. Semoga Tuhan memberikan umur yang panjang kepada kami semua agar mewarnai hidup sementara di dunia ini. Dan ku mohon Tuhan, engkau berikan petunjuk agar ku mempunyai banyak teman melebihi dari yang ada, agar hidup ini mempunyai sejuta makna.
  


                                                                                                                     By:  Ipou Igo'n

Baca Juga Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Leave a Reply